Monday, October 3, 2016

Orang Kurus Hamil

Apakah orang kurus bisa hamil? Menjadi terlalu kurus lebih menghancurkan kesuburan wanita dari pada terlalu gemuk. Peringatan ini wajib diketahui oleh semua wanita, bahwa menjadi terlalu kurus itu lebih buruk dari pada menjadi terlalu gemuk jika mereka ingin hamil.

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang kurus itu lebih kecil kemungkinan untuk hamilnya dibandingkan dengan wanita yang gemuk, bahkan termasuk yang sudah kategori obesitas lho.
Sang peneliti, ahli kesuburan Richard Sherbahn, mengungkapkan bahwa jumlah perhatian yang terlalu besar kepada resiko kesehatan yang menimpa orang-orang yang kegemukan justru ironisnya membuat bahaya dari terlalu kurus malahan diabaikan.

Masalah ini semakin diperburuk oleh budaya “ukuran NOL” di kalangan wanita muda dan ABG yang membuat mereka berjuang demikian keras untuk mendapatkan ukuran badan yang kurus dan tipis seperti para model dan selebriti lainnya.

Dr Sherbahn telah mengurutkan 2500 sesi konsultasi di kliniknya selama delapan tahun. Para klien wanita itu dikelompokkan ke dalam tiga kategori: sangat kurus, normal, dan obesitas. Grup yang berisi berat normal itu juga termasuk beberapa wanita yang jika dimasukkan ke standar Inggris maka mereka masuk dalam kategori kelebihan berat badan.

Hasilnya: sekitar 50% wanita yang termasuk ke dalam berat badan normal bisa memiliki bayi.
Sementara 45% wanita yang termasuk dalam kategori kelebihan berat badan memiliki bayi, dan hanya 34% wanita yang tergolong sangat kurus yang bisa mempunyai bayi.

Wanita yang termasuk kategori sangat kurus itu dinilai kurus jika memiliki Body Mass Index 14 sampai 18.

Dr Sherbahn mengatakan bahwa sebelumnya ia sudah mengetahui hasil riset orang lain yang mengatakan bahwa terlalu kurus itu lebih buruk bagi tingkat kesuburan dari pada terlalu gemuk, tapi ia tetap saja terkejut melihat betapa besarnya perbedaan yang dihasilkan.

Jadi, apa alasannya orang kurus itu sulit hamil?


Secara umum diketahui bahwa orang yang kurus itu sulit hamil dikarenakan kekurangan hormone estrogen yang merupakan hormone khusus pada wanita. Tapi pada wanita yang kekurangan hormone tersebut bisa diberikan hormone dari obat-obatan. Jadi kekurangan hormone ini sebenarnya bukanlah masalah besar.

Semua wanita dalam tiga kategori tadi menghasilkan jumlah sel telur yang rata-rata sama. Jadi masalah kesuburan pada wanita yang terlalu kurus pastilah terjadi pada tahapan kehamilan selanjutnya.

Salah satu kemungkinan yang terbesar adalah embrio lebih sulit menemukan tempat yang tepat untuk ditanami di dalam dinding rahimnya karena mereka kekurangan gizi. Dalam hal revolusi, jika orang terlalu kurus maka badan kita akan berpikir makanannya belum siap, atau mungkin sekarang bukanlah waktu yang tepat untuk bereproduksi dan mungkin dinding uterusnya tidak dalam kondisi terbaik untuk hamil.

Dr Sherbahn juga menambahkan bahwa para wanita yang terlalu kurus itu tidak menyadari bahwa menjadi terlalu kurus itu lebih merusak kesuburan seorang wanita dibandingkan dengan menjadi terlalu gemuk.

“Saya bukanlah seorang ahli di bidang sosiologi, tapi saya punya seorang anak perempuan yang sedang beranjak jadi remaja. Dan tampaknya para remaja putri sekarang memiliki idola model-model yang bertubuh anoreksia.”

“Kelihatannya struktur badan yang ideal bagi para wanita muda adalah fisik yang terlalu kurus ini dan mereka tidak mengerti bahwa ada suatu masalah bagi para wanita yang bertubuh seperti itu.”
Dia berujar bahwa wanita yang berusaha untuk memiliki anak, baik itu secara natural maupun yang melakukan perawatan kesuburan, sudah seharusnya untuk memiliki berat tubuh yang mendekati ideal pada angka delapan.

Charles Kingsland, seorang ginekolog di Liverpool’s Women Hospital dan anggota British Fertility Society, berkata,”Bagi sebagian orang, menjadi hamil itu sangatlah mudah, tapi bagi yang lainnya hal itu sangatlah sulit, dan sangatlah penting untuk memperhatikan berat badan kamu. Tiada keraguan bahwa jika berat badanmu mendekati berat badan ideal sesuai tinggi badanmu, maka kamu memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk hamil.”

Mengapa Estrogen Dapat Digunakan Dalam Program Diet?


Kekurangan hormone estrogen dapat meningkatkan nafsu makan dan melambatkan metabolism, membuat jalan bagi hormone itu untuk dapat digunakan sebagai pembantu kesuksesan diet.
Para ahli di Amerika menemukan bahwa kekurangan hormone tertentu pada wanita di beberapa bagian tertentu di otak mereka dapat berujung pada obesitas.

Penemuan tersebut, dari tes pada tikus-tikus, memanglah baru pada tahapan awal, tapi dapat memiliki konsekuensi untuk jutaan wanita yang sudah melewati tahap menopause di masa depan.
Dr Deborah Clegg yang memimpin penelitian tersebut berkata,”Estrogen memiliki efek yang mendalam pada metabolism. Sebelumnya kami tidak pernah terpikir bahwa hormone tersebut sebagai pengatur yang penting untuk asupan makanan dan berat badan.”

Penerima estrogen terletak pada seluruh tubuh, namun para ahli menemukan dua tempat yang spesifik di otak di mana mereka tampaknya mengatur keseimbangan energy.
Tikus betina yang otaknya kekurangan estrogen di dua tempat ini menjadi obesitas dan mengembangkan penyakit seperti diabetes dan sakit jantung.

Apakah Kamu Terlalu Kurus Untuk Hamil?


Sementara hubungan antara tingkat kesuburan wanita dengan kelebihan berat badan sangatlah jelas, hubungan antara tingkat kesuburan dengan kekurangan berat badan masihlah belum begitu jelas. Ada situasi-situasi tertentu di mana wanita yang terlalu kurus memang memiliki masalah dalam kehamilan, terutama karena mereka biasanya tidak berovulasi. Atlit yang berlatih dengan berat biasanya tidak berovulasi, jika dia tidak berovulasi maka dia tidak bisa hamil. Wanita yang menderita anoreksia juga tidak berovulasi dengan normal. Akan tetapi, jawaban dari pertanyaan apakah wanita yang terlalu kurus tidak bisa hamil adalah TIDAK, JIKA kondisi badanmu memang sehat, kamu selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, dan rajin berolah raga secara teratur.

Ada suatu hubungan yang rumit antara hormone perempuan dan hormone dari hipofisis dan bagian lain dari otak manusia. Biasanya cukup mudah untuk mengganggu siklus normal pelepasan hormone. Dengan olahraga yang intens, ada suatu gangguan di otak yang melepaskan hormone yang bisa mengganggu ovulasi dan menstruasi.

Atlit perempuan sering berhenti berovulasi dan bisa juga mengalami menstruasi yang sedikit atau bahkan berhenti sama sekali. Ini artinya mereka biasanya rendah di hormone kewanitaannya. Pelari marathon dan atlit Olimpiade berlatih pada tingkatan se intens ini. Apa yang sampai saat ini belum jelas adalah di mana garis batas antara latihan yang menyehatkan dan latihan yang berlebihan pada wanita normal.

Olahraga dan aktifitas fisik yang memerlukan latihan berat seperti latihan badan bagian bawah menyebabkan hamper semua masalah dengan siklus menstruasi wanita normal. Hal ini termasuk olahraga gymnastic, balet, lari jarak jauh dan ice skating. Sinyal yang seharusnya dikirim ke kelenjar pituitary untuk melepaskan LH dan FSH terganggu pada wanita yang memiliki aktifitas seperti itu.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa latihan saja tidaklah mengganggu siklus itu. Latihan yang berat plus pembatasan asupan kalori itulah yang menghentikan ovulasi pada wanita dan menyetop siklus menstruasi pada atlit professional. Ini adalah teori yang disebut oleh para ahli sebagai “energy drain theory”.

Atlit perempuan yang olahraganya menghasilkan otot yang besar dan kuat, seperti mendayung dan berenang, juga bisa mengalami ketidak teraturan siklus menstruasi dan ketidak suburan. Para wanita ini tidaklah kekurangan energy, tapi mereka menghasilkan lebih banyak hormone untuk pria, seperti androgen, dibandingkan dengan hormone untuk wanitanya.

Wanita dengan gejala anoreksia kehilangan begitu banyak berat badan dan sangat kekurangan kalori serta banyak nutrisi yang spesifik sehingga mereka tidak berovulasi.

Dalam percobaan untuk memutuskan apakah kamu terlalu kurus untuk hamil, kamu harus paham apa penyebab kamu begitu kurus terlebih dahulu, seperti:
  • -           Apakah kamu melakukan diet dan mencoba secara konstan untuk menurunkan berat badan?
  • -          Apakah kamu berlatih dengan berat karena kamu adalah seorang atlit atau karena kamu mengusahakan untuk menjaga berat badanmu tetap ringan?
  • -          Apakah kamu makan cukup kalori untuk menjaga berat badan tetap normal?
  • -          Atau apakah kamu jadi kurus karena terserang suatu penyakit?


Jika kamu kurus dan tidak pernah mengalami masa periode menstruasi yang normal, maka kamu wajib ke dokter untuk memeriksakan diri. Kamu mungkin saja punya suatu kondisi medis yang sudah kronis dan hal ini bisa berkontribusi pada hilangnya berat badan yang berpengaruh terhadap tingkat kesuburanmu.

Jika kamu seorang wanita yang sehat, selalu memakan makanan yang sehat, memiliki siklus menstruasi yang normal, bahkan jika kamu termasuk kurus, maka kamu seharusnya tidak memiliki masalah dalam kehamilan hanya karena berat badanmu itu.

Tidak ada hubungannya antara kekurangan berat badan dan sulit hamil, kecuali jika kekurangan berat badan itu didapatkan dengan tidak normal. Kamu tetap bisa memiliki anak sebanyak yang kamu inginkan.

Sebuah kunjungan ke dokter sebelum kamu hamil adalah sebuah waktu yang sangat luar biasa untuk mendiskusikan masalah berat badanmu dan untuk memastikan bahwa tidak ada satupun masalah. Kamu wajib tahu bahwa kamu dilarang melakukan diet apapun selama masa kehamilan. Kamu perlu menambah berat badan selama masa kehamilan, serta pastikan untuk mendapatkan nutrisi yang tepat yang kamu dan bayimu butuhkan.

Apakah Dengan Menjadi Orang Kurus Mempengaruhi Kemampuanku Untuk Hamil?


Begitulah pertanyaan yang diajukan oleh seorang ibu kepada saya. Sebenarnya tidaklah masalah, asalkan siklus menstruasi kamu masih normal. Jika siklus menstruasimu berada di antara 28 hari atau kira-kira di angka itu, maka kelihatannya berat badanmu dan kadar lemak di tubuhmu tidak berpengaruh terhadap ovulasi dan tidak akan menyakiti kesempatanmu untuk menjadi hamil.

The American Society of Reproductive Medicine melaporkan bahwa index berat badan BMI 18.5 atau lebih rendah lagi bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak normal dan ovulasi bisa berhenti. Banyak atlit dan wanita yang melakukan olahraga berat memiliki kadar lemak badan yang begitu rendah sehingga mereka tidak berovulasi secara normal. Saat kadar lemak tubuh terlalu rendah, hal tersebut menghalangi aliran hormone dari otak menuju kelenjar pituitary yang memberitahu ovarium untuk melepaskan sel telur. Jadi walaupun sebenarnya mereka memiliki banyak sel telur, mereka tetap tidak bisa hamil karena sel-sel telur tersebut tidak dilepaskan.

Jika kamu tidak mendapatkan siklus menstruasimu dengan teratur, dokter kamu kemungkinan besar akan menganjurkanmu agar meringankan kegiatan olahragamu sedikit dan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang bergizi untuk menaikkan kadar lemak di tubuhmu. Begitu kamu sudah mencapai berat badan yang ideal menurut tinggi badanmu, serta tingkat kadar lemak badanmu sudah berada di angka yang sehat, siklus menstruasimu seharusnya akan kembali normal lagi.

Jika ternyata tidak kembali normal juga, maka kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli kesuburan. Kamu bisa saja memiliki suatu kondisi yang tidak biasa seperti endometriosis atau polycystic ovarian syndrome yang bisa mengacaukan siklus menstruasimu sehingga membuatmu semakin sulit untuk hamil.

Ada satu lagi alasan yang sungguh baik untuk menaikkan berat badanmu ke tingkat yang menyehatkan sebelum hamil. Wanita yang memulai proses kehamilannya di berat badan yang kurus memiliki resiko yang lebih tinggi melahirkan bayi yang kekurangan berat badan atau biasa disebut preterm. Penyedia jasa kesehatanmu akan memeriksa berat badanmu selama masa kehamilan untuk memastikan bahwa kamu memiliki berat badan yang menyehatkan untuk hamil.

Selalu berpikir positif!


Jika penyedia jasa kesehatanmu tidaklah khawatir terhadap kekurangan berat badanmu, maka sebaiknya kamu juga tidak perlu khawatir. Jika kamu yakin bahwa kamu sudah melakukan segalanya yang kamu bisa untuk mendapatkan seorang bayi yang sehat, tidak usah terlalu dipikirkan tentang apa yang dikatakan atau dipikirkan oleh orang lain.

Ada seorang wanita bernama Nicsinger yang ingat betapa banyak yang berkomentar betapa kurusnya ia saat sedang hamil, serta berspekulasi betapa hebatnya ia jika mereka bisa melihatnya besar dan gemuk. “Orang-orang pikir mereka dapat mengatakan komentar tentang bagaimana kamu kelihatannya saat kamu kurus. Aku hanya bisa berharap mereka bisa menyadari bahwa tidak ada orang yang ingin mendengar bahwa mereka terlalu “sesuatu”, terutama saat kamu sedang hamil.”
“Wanita harus didukung untuk menghadapi kehamilannya dan kondisi setelah melahirkan, dan memberikan diri mereka sendiri hadiah cinta, kepedulian serta kasih sayang. Masyarakat perlu mendukung wanita selama masa kehamilan dan tidak mendorong-dorong mereka untuk mencapai berat badan ideal yang sulit untuk dicapai.”

Bagaimana Cara Untuk Menambah Berat Badan Bagi Orang Kurus Yang Hamil


Untuk menaikkan bobot badanmu, tambahkan kira-kira 300 kalori per hari dan targetkanlah 2000 kalori per harinya. Fokuskanlah hanya pada makanan-makanan yang padat gizinya yang memberikan gizi yang tinggi dengan jumlah makanan yang paling sedikit. Saat nafsu makanmu memuncak, manfaatkanlah segera dengan memakan makanan yang sehat. Cobalah untuk makan setiap tiga jam.
Jika kamu cepat merasa kenyang, dahulukan memakan karbohidrat dan protein terlebih dahulu. Lalu setelah itu makanlah sayuran atau salad. Gantikan jenis-jenis makanan diet yang rendah lemak dengan jenis makanan yang biasa. Minumlah minuman yang berkalori tinggi untuk mensiasati tambahan 300 kalori per hari itu.

Banyak wanita hidup dengan tubuh yang kurus tanpa menyadari bahwa sebenarnya mereka itu kekurangan lemak dan gizi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga saat mereka ingin hamil hal tersebut malahan akan menghalangi mereka untuk mendapatkan anak yang sehat. Wanita harus bisa menghapus stigma bahwa tubuh yang kurus itu lebih menarik, barulah mereka bisa menaikkan berat badan mereka. Tidaklah penting apakah kamu harus makan lemak atau mendapatkan lemak, yang terpenting adalah kamu wajib memberikan tubuhmu makanan yang bergizi, bukannya membuat tubuhmu kelaparan.


Ini semua tentang kesehatan, bukan penampilan belaka!

Video di bawah ini menerangkan tentang bagaimana kamu bisa hamil. Silakan disimak agar program hamilmu sukses ya.