Tuesday, October 4, 2016

Haruskah orang kurus ikut fitnes?

Ataukah sebaiknya orang kurus menaikkan berat badannya terlebih dahulu, baru setelah itu ikut fitnes?

Menurut pendapatku, apa yang harus kita pahami bersama terlebih dahulu dan yang terpenting adalah otot dan lemak itu benar-benar merupakan jaringan yang terpisah di dalam tubuh.

Jika saya bisa menarik kesimpulan, pertanyaan semacam ini pasti muncul dari kesalahan pemahaman bahwa otot dapat dibentuk dari lemak. Pernyataan seperti ini adalah tidak benar. Adalah juga merupakan sebuah kesalahan umum, bahwa jika otot dibiarkan tidak terpakai untuk jangka waktu yang lama, maka ia akan berubah menjadi lemak. Kedua hal ini adalah mitos, alias tidak benar. Otot dan lemak ada di dalam tubuh setiap manusia dan masing-masing berdiri sendiri.

Maka, untuk menjawab pertanyaan di atas, IYA, latihan angkat beban memang adalah satu-satunya cara bagi kita untuk mendapatkan badan yang besar dan berisi otot, ang mana bisa saya asumsikan sebagai, 1. Lebih banyak otot, dan 2. Lebih sedikit lemak. Tidak apa-apa jika kamu memulai ke tempat fitness sebagai orang yang kurus, seperti saya dulu. Itu bukanlah suatu kekurangan, malah kamu bisa anggap itu sebagai satu kelebihan. Kenapa? Karena jika kita bandingkan dengan orang yang gemuk, yang seperti pertanyaan kedua, maka jumlah kadar lemak tubuhmu lebih rendah dibanding orang yang gemuk.

12 Tips Ampuh Bagi Orang Kurus Yang Ikut Fitnes Supaya Cepat Mencapai Target


Apakah kamu takut untuk menantang dirimu sendiri? Setelah membaca ke-12 tips ampuh ini, kamu seharusnya sudah siap untuk mengambil langkah pertama dalam perjalananmu ini!

Di dalam semua pusat kebugaran pasti ada satu orang yang seperti ini: BESAR, maksud saya yang benar-benar besar ototnya, yang begitu dia masuk gym, maka semua orang di gym pasti melihatnya. Dia adalah orang yang paling popular di gym tersebut. Dia adalah yang terkuat di sana!

Di dalam semua pusat kebugaran di muka bumi ini juga pasti memiliki satu orang yang selalu terlihat gugup saat masuk ke gym. Setiap kali ia masuk, pandangannya selalu mengarah ke lantai. Tatapannya selalu menyiratkan keraguan. Dia mungkin juga tidak tahu apa yang sedang dilakukannya di situ, tapi dia benar-benar ingin menjadi sukses. Orang seperti ini di dalam dunia fitness disebut sebagai orang kecil. Dia adalah orang yang terkurus di pusat kebugaran.

Belajarlah dari seseorang yang sudah lebih tahu. Aku bisa member tahumu bahwa ada satu hal yang sama pada setiap orang kurus yang masuk fitnes, entah mereka mau mengakuinya atau pun tidak, yaitu setiap kali mereka melihat si orang besar masuk ke gym, orang kurus pasti mengamatinya dan berkata di dalam hati, “Suatu saat, aku pasti bisa seperti dia!”

Orang kurus, Jangan Takut!

Fitness Untuk Orang Kurus!


Boleh percaya atau tidak, jika kamu adalah salah satu dari orang kurus itu, maka kamu tidak sendirian. Ada begitu banyak orang yang ingin menjadi selebriti di dalam gym. Mereka semua ingin bisa menjadi legenda lokal, setidaknya di dalam gym itu sendiri, yang terus dibicarakan dalam setiap latihan, dan selalu disebut-sebut oleh orang  yang sedang treadmill.

Saya dulu adalah orang yang kurus tersebut. Karena itu saya bisa memahami perasaan seperti itu. Saya melihat orang yang dipersepsikan sebagai orang kuat dan besar, dan begitu saya mengetahui siapa dia maka saya pun memutuskan bahwa di suatu waktu di masa depan, sayalah yang akan jadi seperti itu.

Yaaahh, walaupun sampai sekarang saya tidak tahu apakah saya sudah menjadi orang terkuat di gym saya, tapi yang jelas saya sudah bisa mengatasi masalah yang dimiliki oleh orang kurus di gym, dan oleh karena itu saya ingin bisa membantu kamu untuk bisa mencapai hal yang sama. Segera setelah kamu selesai membaca artikel ini, kamu seharusnya sudah siap untuk mengambil langkah pertama di dalam perjalanan dari orang terkurus di gym menjadi yang terbesar!

Tips Fitness Untuk Orang Kurus, Langkah-langkah menuju Badan Besar:


1.       Atasi kecemasan dari menjadi kurus

Kamu takut menantang dirimu sendiri, karena yang disebut menantang itu biasanya adalah beban yang dipakai kebanyakan orang yang baru memulai fitness. Pepatah tua itu benar dan berlaku di sini. Kita semua harus memulai dari suatu titik. Kamu wajib mengatasi rasa takut itu dan lakukanlah saja. Hal pertama ini mungkin berat, tapi lama kelamaan saat kamu sudah bisa mengatasi rasa gugupnya, maka kamu akan mulai melihat perkembangannya.

2.       Tantanglah dirimu setiap kali kamu ke gym

Walaupun untuk saat ini beban yang kamu pakai hanyalah beban pemanasan bagi orang lain, kamu harus cuek cuek saja. Lakukan saja latihanmu dan jangan pedulikan pandangan orang lain. Dulu waktu saya pertama fitness, beban bench press maksimal saya adalah 60 kilogram, sementara si Badan Besar melakukan pemanasan dengan beban 135 kilogram. Itu adalah motivasi pertama saya.

Maka saya membuat target pertama saya, yaitu bisa bench press dengan 135 kilogram. Sekali saya bisa mencapai targe tersebut, maka motivasi saya meningkat sepuluh kali lipat. Kamu harus menemukan motivasi seperti ini atau apa saja yang sanggup memotivasi diri kamu dan katakanlah kepada dirimu bahwa hal itu PASTI dan AKAN terjadi. Kamu akan merasa takjub pada apa yang kamu rasakan dan pada perkembangan yang kamu buat sekali saja kamu sanggup mencapai target itu.

3.       Makanlah yang banyak, tapi bersih
Ini adalah suatu keharusan, sangat sederhana. Kamu harus memasukkan banyak sekali makanan ke dalam badanmu, tapi hal itu tidak berarti kamu boleh makan apa saja yang kamu mau. Kamu tentu saja tidak ingin menjadi orang yang paling besar dan paling gemuk di gym bukan?

Putih telur, whey protein, ikan tuna, daging dada ayam, sayur mayor, dan lain sebagainya yang bisa saya sebutkan di sini tapi saya yakin kamu semua sudah paham jenis makanan apa saja yang saya maksud di sini. Saya merekomendasikan 1.5 gram protein untuk setiap pound berat badan kamu, lalu 2.5 gram karbohidrat untuk setiap pound berat badan kamu, serta lemak yang sehat seperti minyak ikan dan flex seed.

Sebagai catatan pengukuran berat badan, 1 kilogram = 2.2 pounds

4.       Air, air, dan air!
Belajarlah untuk mencintai air, dan minumlah air dengan sangaaaat banyak. Air ikut membangun ototmu dan menjadi 70% dari otot. Jadi, sangatlah masuk akal jika kamu ingin otot yang lebih besar dan lebih kuat, maka kamu membutuhkan lebih banyak air. Minumlah sekitar 4 liter air setiap hari.

5.       Tetaplah fokus pada apa yang harus kamu kerjakan
Jangan salah menafsirkan hal ini dan menjadi orang yang menyebalkan dengan mengabaikan semua orang. Jika orang lain menyapamu, maka anggukkanlah kepalamu dan sapalah dia kembali, lalu kembali lakukan latihanmu. Orang yang besar mungkin tampak mengintimidasi, tapi kenyataannya adalah ia pun melakukan hal yang sama. Ini adalah cara bagaimana dia bisa mencapai ke keadaan dia yang sekarang, dan tepat seperti dialah juga yang harus kamu lakukan.

6.       Fokuskan latihanmu pada latihan compound atau Full Body Workout
Jangan coba-coba untuk menciptakan kembali roda. Fokuskan latihanmu pada squat, deadlift, bench press, over head press, rowing, pull up, dan dips, semua latihan ini haruslah menjadi pokok latihan rutinmu jika kamu ingin menjadi lebih besar. Semua itu adalah jenis angkatan yang paling dasar, tapi mereka itu juga merupakan latihan yang paling penting bagi orang kurus yang ikut fitness.

7.       Daftarkan dirimu pada forum bodybuilding di internet
Pada umumnya forum itu gratis. Dan kebanyakan bagus isinya. Yang terpenting dari isi forum adalah ada begitu banyak orang-orang yang sudah berotot besar yang begitu tulus ingin membantu orang-orang seperti kamu untuk memiliki badan yang besar. Dan enaknya, kamu bisa bebas bertanya apa saja, dan mereka akan dengan senang hati menjawabnya. Soal nutrisi, soal latihan, soal makanan, dan lain-lain yang berhubungan dengan otot dan kesehatan. Kesuksesanmu adalah kebahagiaan mereka!

Jika tujuh tips sebelumnya merupakan hal yang harus dilakukan, maka selanjutnya adalah hal yang TIDAK BOLEH dilakukan. Dengan melakukan hal-hal di bawah ini bukan saja mencegah kamu mendapatkan otot yang besar, akan tetapi malahan merugikan dan bahkan membuat kamu kehilangan otot. Apapun yang akan kamu lakukan, hindarilah hal-hal berikut ini:

1.       JANGAN mengikuti latihan rutin orang yang sudah professional
Kamu bukanlah seorang binaragawan yang sudah professional. Berlatih untuk sebuah kompetisi binaraga itu sangatlah melelahkan. Bagimu, malahan kamu tidak akan mendapatkan keuntungan apapun juga. Malahan kamu bisa-bisa menjadi sakit.

Juga patut kamu ketahui bahwa binaragawan professional itu sering mengganti rutinitas latihan mereka. Bahkan mereka tidak melakukan hal yang sama setiap hari. Ada banyak jenis latihan, baik itu untuk pemula, untuk kelas lanjutan, serta untuk yang sudah ahli di internet. Kamu bisa melihat-lihat jenis latihan itu. Catatlah yang kira-kira bisa kamu lakukan, dan berganti-gantilah setiap 6 atau 8 minggu.

2.       JANGAN mengandalkan pada suplemen
Jangan salah! Suplemen-suplemen itu memang bagus, sangat bagus. Tapi harap kamu pahami kalau mereka itu disebut suplemen karena suatu alasan khusus. Bila kamu tidak berlatih dan makan dengan benar, maka kamu hanyalah akan membuang-buang uang dan waktu saja. Pertama-tama kamu wajib melakukan latihan dan diet yang baik dan benar dulu, baru setelah itu kamu bisa mulai memilih jenis suplemen apa yang kira-kira cocok untuk kamu. Suplemen itu artinya adalah tambahan makanan, bukan makanan utama.

Pilihlah whey protein, multi vitamin, creatine, dan glutamine. Empat jenis suplemen ini merupakan jenis suplemen yang jadi utama bagi orang yang sulit menaikkan berat badan seperti kamu.

3.       JANGAN kasar di gym
Kamu tentu tidak ingin dikenal di gym sebagai orang yang tidak benar untuk alasan yang salah. Selalu tunjukkan rasa hormat setiap kali kamu latihan. Tanyalah dahulu jika kamu pikir ada orang lain yang sedang memakai peralatan itu. Hapuslah bekas keringatmu yang menempel pada alat setiap kali kamu selesai menggunakannya. Kembalikan dumbbell dan plate beban yang sudah selesai kamu pakai. Serta janganlah berteriak pada setiap repetisi yang membuat semua orang melihat dirimu. Tidak apa-apa jika kamu hanya berteriak pada dua atau satu repetisi terakhir, itu wajar. Tapi tidak pada setiap repetisi tentunya.

4.       JANGAN jadi frustrasi jika kamu gagal mengangkat
Terima saja kegagalan tersebut! Berlatih sampai kamu gagal mengangkatnya merupakan keuntungan jika kamu ingin mendapatkan otot yang besar dan kuat. Jika kamu tidak bisa mencapai target repetisi kamu itu normal. Kamu telah menggunakan seluruh kekuatan otot kamu dan itu adalah tujuannya. Untuk selanjutnya target juga repetisi yang sama. Jika kamu sudah bisa mencapainya, maka kamu tahu bahwa kamu sudah mencapai targetmu.

5.       JANGAN menyerah!
Saya tidak bisa lebih menekankan yang satu ini. Menyerah dan memulainya lagi kapan-kapan hanyalah membuang-buang waktu , tenaga, dan mencegah kamu mencapai kemajuan dalam jangka panjang. Ini akan menjadi perjalanan yang panjang, melelahkan, dan ada kalanya kamu merasa ingin menyerah, tapi JANGAN MENYERAH! Orang-orang terbesar di gym di seluruh dunia itu punya satu kesamaan di dalam hidup mereka: mereka menginginkannya dan bersedia untuk melakukan apa saja yang diperlukan untuk bisa menggapainya. Mereka tidak pernah menyerah. Maka kamu pun juga sebaiknya demikian.

Saya sangat paham jika perjalanan dari seorang yang kurus menjadi seorang yang dikagumi banyak orang itu sangat berharga setiap langkahnya. Berlatihlah untuk meningkatkan tampilan fisikmu, dan kejarlah impianmu untuk menjadi orang yang terkuat dan terbesar di gym. Ku harap kamu bisa mengambil waktu untuk menikmati perjalananmu. Itu akan membuatnya jadi jauh lebih layak untuk didapatkan setelah akhirnya kamu mendapatkan badan impianmu. Mengikuti langkah-langkah di atas akan membantu memastikan bahwa hal itu akan terjadi pada dirimu seperti hal yang terjadi pada diri saya sendiri.

KESIMPULAN: Orang Kurus WAJIB Ikut Fitnes


Ini bukanlah soal penampilan saja. Tapi soal kesehatan pada umumnya. Kalau hanya demi penampilan, bisa diakali dengan pemilihan baju yang pas. Tapi kalau soal kesehatan, tidak ada yang bisa mengakalinya lagi.

Sebenarnya, baik orang kurus maupun orang gemuk wajib ikut fitness. Tapi kalau memulainya dari posisi kurus, maka itu sudah merupakan sebuah keuntungan bagi kamu lho. Karena tugasmu hanyalah menambah massa otot saja tanpa perlu memotong kadar lemak di tubuhmu. Tidak seperti teman-teman yang gemuk.

Jadi mari kita simpulkan fitness buat orang kurus dalam kalimat yang sederhana.


Utamakan jenis latihan compound, alias yang full body workout. Kenapa? Karena jenis latihan full body workout itu melatih keseluruhan otot dalam sekali latihan. Oleh karena itu sangat cocok dilakukan oleh orang kurus karena menambah massa otot pada seluruh badan.

Jenis-jenis latihan yang termasuk compound exercise adalah: squat, deadlift, bench press, over head press, rowing, pull up, dan dips. Lakukan tujuh latihan ini secara bergilir dalam seminggu. Maka seluruh otot di tubuhmu akan terlatih sehingga perkembangannya akan seimbang.

Selain latihan, makanan yang kamu makan juga lebih bebas dari pada orang gemuk yang fitness. Jika mereka harus memilih jenis-jenis makanan tertentu, maka kamu sebagai orang yang kurus lebih bebas dalam menentukan jenis makanan yang akan kamu makan. Tetap utamakan sumber protein dan serat sebagai makanan yang utama. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan yang tergolong tidak sehat, seperti goreng-gorengan. Boleh makan, tapi tidak berlebih.

Sekian artikel saya tentang  orang kurus ikut fitness ini. Saya harap kamu praktek ya.

Berikut ini saya lampirkan sebuah video yang modah-mudahan bisa memotivasi kamu ya.