Thursday, October 6, 2016

5 Rahasia Orang Kurus Kering

Kita semua tahu dan mengenal orang-orang yang kekurangan gizi yang bagus dan tidak ada kebiasaan untuk berolah raga secara rutin tetapi bisa tetap kurus kering di sepanjang hidup mereka. Dan juga sebaliknya, kita juga mengenal orang-orang (kadang bahkan adalah diri kita sendiri!) yang melakukan segalanya dengan benar akan tetapi tetap saja tidak berhasil untuk menurunkan berat badannya.

Para ahli tidak bisa memahami sepenuhnya alasan mengapa beberapa orang kelihatannya tidak pernah bersusah payah dengan berat badannya sementara sisa yang lainnya kelihatannya mengalami kenaikan berat badan hanya dengan memandangi sepotong kecil kue saja. Tapi kita semua tahu dan paham bahwa kebiasaan-kebiasaan kita hanyalah salah satu bagian dari persamaan bersama-sama dengan warisan gen dari orang tua kita dan faktor lingkungan kita semua.

Jadi, apakah orang-orang yang kurus kering secara alami sesungguhnya benar-benar memiliki sebuah rahasia kecil untuk ditawarkan kepada yang lainnya (yang tidak memiliki gen kurus kering)?

Yah, sejujurnya memang sebenarnya orang kurus kering tidaklah sama artinya dengan orang sehat, tapi orang-orang yang benar-benar kurus dan sehat memang memiliki beberapa kebiasaan yang mirip-mirip. Mengadopsi sebagian atau keseluruhan kebiasaan mereka tidak akan menjamin bahwa kamu akan mencapai berat badan ideal kamu, tapi sudah pasti hal tersebut akan meningkatkan tingkat kesehatan dan kesejahteraanmu.

Jadi, Inilah 5 Rahasia Kurus Alami (Dan Sehat)


1.       Mereka hanya makan sampai kenyang
Orang-orang kurus kering cenderung untuk mendengarkan badan mereka sendiri, dan mereka hanya makan saat mereka benar-benar merasa lapar, dan bukannya karena bosan, atau sedih, atau merasa lelah, atau hanya karena di sekitar mereka ada banyak sekali makanan. Coba bandingkan dengan diri kamu sendiri.

Mereka juga cenderung berhenti makan saat mereka merasa puas dan kenyang, bukan setelah mereka membersihkan piring mereka sampai tuntas! Sementar sifat ini bisa dikatakan sebagai bawaan orang-orang yang kurus, hal ini juga bisa dipelajari dari waktu ke waktu.

Dalam rangka untuk memahami apa itu yang disebut dengan kenyang, kamu pertama-tama wajib mengalami sendiri apa itu menjadi benar-benar lapar. Coba perhatikan tabel tingkat kelaparan di bawah ini:

Level 1 : Kelaparan, Lemah, Pusing
Level 2 : Sangat Lapar, Rewel, Rendah Energi, Perut Kruyukan
Level 3 : Cukup Lapar, Perut Kruyukan Sedikit
Level 4 : Mulai Merasakan Sedikit Lapar
Level 5 : Puas, Tidak Lapar Maupun Kenyang
Level 6 : Sedikit Kenyang, Kenyang yang Menyenangkan
Level 7 : Sedikit Tidak Nyaman
Level 8 : Perasaan Perut Penuh Diisi
Level 9 : Sangat Tidak Nyaman, Perut Sakit Sekali
Level 10 : Terlalu Kenyang Sampai-sampai Kamu Merasa Sakit

OK!
Jadi, kapan biasanya kamu mulai makan menurut tabel di atas? Maksud saya, pada level berapakan biasanya kamu mulai makan?

Saya beritahu kamu saja ya, waktu terbaik untuk makan adalah pada saat kamu berada di level 3 atau 4! JIKA kamu menunggu untuk makan sampai kamu merasa sangat-sangat lapar sampai-sampai kamu merasa lemah atau rewel, BIASANYA kamu pasti cenderung untuk memilih makanan-makanan yang tidak sehar. Dan jika kamu makan saat dirimu berada di level 5 atau lebih, maka kamu pasti makan untuk alas an-alasan yang tidak tepat.

2.       Mereka mendapatkan cukup tidur
Oh tentu saja! Ada begiiiiiitu banyak orang kurus kering yang menderita insomnia (alias penyakit susah tidur) atau selalu membakar lilin di kedua ujungnya, tapi tidur sangatlah penting untuk menjaga dan mempertahankan berat badan yang sehat! Kekurangan tidur sesungguhnya menyebabkan tubuh manusia melepaskan sebuah hormone yang disebut CORTISOL yang menyebabkan kita merasa lebih lapar dari biasanya. Dan hormone cortisol juga mempengaruhi hormone-hormone yang lain sehingga tubuh kamu menjadi lebih sulit dalam membakar lemak, membangun otot, dan memproses karbohidrat.

Jika kamu kesulitan dalam mendapatkan tidur yang cukup, cobalah mulai sekarang lihatlah kebiasaan-kebiasaan kamu dan gaya hidupmu untuk menemukan celah-celah mana yang bisa dilakukan perubahan. Ada banyaaak sekali cara untuk meningkatkan kualitas tidurmu, salah satunya termasuk menetapkan waktu tidur yang teratur, menggunakan kasurmu hanya untuk tidur saja (dan hubungan suami istri tentunya ^^), dan mengatur tingkat stress dalam hidupmu.

Dan bahkan lebih baik lagi, cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur juga sangat penting dalam hal penurunan berat badan, yaitu olah raga yang teratur!

3.       Mereka bergerak lebih banyak dan sering
Hasil penelitina menunjukkan bahwa orang yang bergerak paling banyak dan duduk paling sedikit – bahkan jika mereka tidak ikut ambil bagian dalam olah raga yang rutin – cenderung untuk memiliki berat badan yang lebih kecil dari pada mereka yang lebih banyak diam. Memang sementara memasukkan olah raga yang rutin ke dalam jadwal kamu adalah merupakan cara yang peling jelas dalam membakar kalori, tapi sesungguhnya semua gerakan kita membakar kalori, walaupun itu tidak termasuk dikategorikan ke dalam gerakan olah raga.

Jadi, carilah kesempatan-kesempatan untuk membakar lebih banya kalori ke dalam kehidupanmu, seperti dengan berjalan, berdiri, membersihkan apa saja, dan bahkan naik tangga.

Dalam salah satu penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic menunjukkan efek dari kegiatan yang tidak dikategorikan ke dalam olah raga itu, yang bisa disebut gerakan-gerakan dasar, gerakan sehari-hari, dapat mempunyai efek yang signifikan pada pengeluaran kalori harian seseorang. Hasil riset tersebut menyebutkan bahwa melakukan aktifitas seperti rapat sambil berjalan dan mondar mandir saat menelepon orang lain itu dapat membakar kalori 5000 sampai 1.000 kalori lebih banyak SETIAP HARI!

4.       Mereka tidak melakukan apa yang biasa disebut “DIET”
Mayoritas orang yang kurus kering TIDAKLAH secara konstan mencoba-coba diet gaya baru. Mereka hanya makan makanan secukupnya saja tanpa naik turun di antara kekurangan makan yang ekstrim dan makan yang berlebihan tidak terkendali.

Ada beberapa masalah terkait “melakukan diet tertentu” yang bisa menyerang balik tubuh kamu dan sesungguhnya meninggalkan dirimu pada posisi yang malah lebih buruk dari pada saat kamu baru memulai diet tersebut.

Diet yang terlalu ketat membuat kamu kelaparan dan kecanduan  pada semua jenis makanan yang tidak sehat, yang mana sering menjadi makan membabi buta di titik di mana kamu sudah tidak tahan lagi akan rasa lapar itu.

Alih alih membatasi makanan jenis tertentu, buatlah cukup celah di menu sehat kamu untuk SEMUA makanan kesukaan kamu, makan secukupnya tentu saja. Hal ini malahan akan mencegah perasaan kekurangan, rasa lapar yang ekstrim, dan berujung pada nafsu makan berlebih yang bisa berakibat membuat dirimu keluar jalur menuju berat badan yang ideal.

Konsistensi merupakan kunci utama dalam hal mengelola berat badan.

5.       Mereka tidak meminum kalori
Apa artinya ini? Menurut hasil survey, rata-rata orang Amerika meminum minuman yang mengandung sekitar 400 kalori per hari. Masalah utama dari minuman berkalori adalah banyak dari antara mereka, secara mayoritas malahan, sumber utama kalorinya adalah gula, dan TIDAK SATU PUN dari minuman-minuman tersebut yang akan membuat tubuh manusia merasa puas seperti kalau kamu makan makanan yang padat. Masih ditambah lagi fakta bahwa jauh lebih mudah untuk meminum 600 kalori dalam sebotol kopi dingin dari pada jika kamu harus mengunyah sejumlah kalori yang sama dari makanan padat, seperti sepotong daging ayam, atau semangkuk salad yang sehat.

Perlu diperhatikan bahwa artikel ini bukannya melarang kamu untuk menikmati segelas anggur merah saat makan malam atau menikmati secangkir kopi hangat sebagai teman sarapan. Hanya saja coba pastikan jumlah kalori yang kamu minum supaya kamu bisa menghitungnya sebagai asupan kalori harianmu.

Mudah saja bagi kamu, dan kita semua, untuk mulai merasa iri hati terhadap orang-orang yang kurus kering karena mereka tampak begitu mudah untuk mengelola berat badannya. Tapi kamu tidak akan pernah tahu apakah mereka mendapatkan berat badan seperti itu karena factor gen, atau apakah mereka memang melakukan sesuatu yang melebihi yang kau pahami. Dari pada kamu berfokus pada hal-hal apa saja yang tidak berhasil bagi badanmu, akan jauh lebih baik jika kamu mulai berfokus kepada semua pilihan yang sehat setiap hari. Syukur-syukur berat badanmu ikut terjaga, tapi yang pasti semua pilihan yang sehat tersebut akan menuntunmu kepada hidup yang lebih baik dan lebih sehat.

5 Masalah Besar yang Dialami Orang Kurus Kering


Walaupun di dalam pemahaman semua orang bahwa orang kurus kering pasti lebih sehat dari pada orang yang obesitas, tapi harap kamu pahami bahwa ternyata menjadi kurus kering pun mempunyai masalahnya sendiri. Berikut saya tuliskan lima masalah yang lazim dialami orang kurus:

1.       Penyakit jantung dan Diabetes
Memang kedua penyakit itu umumnya menyerang orang yang kegemukan. Tapi harus dipahami bahwa orang yang kurus pun tidaklah kebal dari penyakit itu. Adalah sangat mudah untuk menjadi kurus kering tapi tidak sehat, karena secara alami orang yang kurus kering sangat menikmati makanan cepat saji, tidak berolah raga rutin, dan mereka piker mereka baik-baik saja hanya karena berat badannya tidak naik.

Tapi harus kamu ketahui, tidak peduli angka berapa yang ditunjukkan oleh timbanganmu, kadar gula dalam darah dan tingkat kolesterol jahat tetaplah sangat beresiko tinggi. Orang kurus juga kemungkinan besar jarang ke dokter untuk cek-up hanya karena mereka merasa bahwa badan mereka dalam kondisi langsing.

Selain itu, ada satu faktor penting lain yang sangat memungkinkan orang kurus terkena diabetes. Orang-orang yang secara alami kurus kering biasanya karena gen mereka seperti itu. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa gen kurus mereka itu biasanya bekerja dengan menempatkan lemak tubuh mereka jauh di dalam tubuh mereka. Apa artinya itu? Artinya, lemak mereka ditempatkan pada daerah jantung dan hati mereka. Menurut hasil riset itu pula, lemak yang terdapat pada organ dalam seperti itu menempatkan seseorang pada resiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes dari pada lemak yang terlihat.

2.       Kekebalan tubuh yang lebih rendah
System kekebalan tubuh adalah seperti penjaga gerbang, memastikan bahwa semua sel yang tidak normal dan asing takkan bisa lewat. System canggih ini memerlukan bahan bakar untuk mengenyahkan serangan tersebut, dan kecuali orang-orang yang kurus kering tersebut memakan makanan yang sangat sehat, ia bisa mengalami kekurangan bahan bakar itu.

Artinya orang-orang kurus tersebut berada dalam keadaan yang beresiko lebih tinggi untuk terkena flu pada musim flu. Jangan lupa bahwa sel kanker merupakan sel-sel yang tidak normal, sehingga mereka juga beresiko lebih tinggi terkena penyakit itu. Sangat dianjurkan bagi orang yang kurus untuk mengunjungi ahli gizi untuk mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang diperlukan untuk membuat mereka tetap sehat sepanjang tahun.

3.       Anemia
Banyak orang yang kekurangan berat badan merasa lelah sepanjang waktu. Kekurangan energy dan kelelahan ini adalah gejala klasik dari anemia. Gejala lainnya anemia adalah detak jantung yang tak beraturan, nafas menjadi pendek, sering pusing, dan sakit kepala.

Anemia adalah penyakit darah yang sering terjadi karena seseorang kekurangan sel-sel darah merah. Sel darah merah bertanggung jawab untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ tubuh kita. Jelas jika mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik, maka tubuh kita tidak menerima bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan badan dengan normal.

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, vitamin B 12, dan folat. Jika kamu adalah orang yang kurus kering, maka sangat dianjurkan untuk segera menemui dokter atau ahli gizi untuk mengetahui apakah kamu telah mengkonsumsi makanan yang tepat.

4.       Masalah kesuburan
Menjadi kurus kering dapat menyebabkan banyak sekali masalah kesuburan bagi wanita. Pertama, siklus menstruasi bulanan seorang wanita sering berhenti atau menjadi tidak teratur manakala ia menjadi terlalu kurus. Sementara hal tersebut bukanlah masalah besar bagi seorang wanita muda, ketidak teraturan tersebut akan menjadi sebuah masalah yang besar saat wanita itu memutuskan untuk hamil.

Tidak hanya sangat sulit untuk hamil bagi wanita yang kurus kering, akan lebih sulit lagi bagi mereka untuk mempertahankan kehamilannya, karena ketidak teraturan siklus menstruasi mempengaruhi tali pusar yang menyokong sang janin. Menurut sebuah penelitian, wanita yang kurus kering yang hamil, sekitar 72%-nya lebih cenderung untuk mengalami keguguran pada trimester pertama.

Eits! Laki-laki yang kurus jangan senang dahulu. Mereka pun mengalami masalah yang mirip-mirip. Laki-laki yang terlalu kurus 22 kali lebih beresiko untuk mengalami gangguan disfungsi ereksi, dan ketidak mampuan untuk mengeluarkan sperma. Juga ada hubungannya antara berat badan pria dan kualitas kesehatan spermanya.

5.       Osteoporosis dan Tulang Patah
Sementara banyak dari kita yang mengkhawatirkan akan memiliki lemak tubuh yang terlalu banyak, kita juga harus memiliki sedikit lemak dalam badan untuk menjaga agar badan kita tetap sehat lho.

Salah satu tugas lemak tubuh adalah memproduksi hormone estrogen. Kita sering mengasosiasikan hormone estrogen dengan wanita, tapi sesungguhnya pria dan wanita membutuhkan estrogen untuk tulang yang sehat. Tanpa estrogen yang cukup, tulang akan menjadi rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Hal itu mengakibatkan pria dan wanita sama-sama beresiko terkena osteoporosis, tanpa melihat usia mereka. Sebagai hasilnya, sebuah kecelakaan sederhana, seperti jatuh yang sering dianggap sepele, bisa menyebabkan cedera yang serius atau bahkan kematian bagi orang-orang yang kurus kering.

Untuk mencegah penyakit osteoporosis, dan semua penyakit yang telah saya tulis di atas, orang yang memiliki index BMI di bawah normal (18.5) sebaiknya berdiskusi dengan dokter atau ahli kesehatan professional untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan sesuai.

Demikian artikel tentang orang kurus kering ini saya tuliskan sebagai informasi sebelum kamu memutuskan untuk menjalani suatu diet ketat demi mendapatkan badan yang kurus. Harap selalu dipertimbangkan faktor kesehatan dan keamanan sebelum menjalani diet apapun.


Terima kasih!

Dalam video berikut ini dijelaskan secara gamblang apa sih penyebab kita kurus kering. Kamu bisa menonton untuk menambah pengetahuanmu.