Friday, October 7, 2016

Orang Paling Kurus di Dunia

Inilah daftar Lima orang paling kurus di dunia


Kita hidup di jaman di mana para wanita berlomba-lomba untuk tampil lebih kurus daripada yang lainnya demi tampil seksi dan menawan. Trend ukuran baju terkecil telah menjadi suatu obsesi di antara banyak wanita, terutama para selebriti.

Jadi apa sebenarnya yang special dengan menjadi orang paling kurus di dunia? Apakah ini merupakan sebuah rencana untuk menghemat makanan demi masa depan yang lebih cerah? Tetapi karena tidak ada rekor untuk menjadi sangat sangat kurus, mungkin bukan itu juga alasannya.

Baiklah! Sebelum kita mulai mengkritik secara pedas pengurangan berat badan secara berlebihan, ada baiknya kita pertama-tama terlebih dahulu mengerti bahwa tidak semua kasus anoreksia merupakan sesuatu yang disengaja. Beberapa kasus malahan dipicu oleh kondisi yang sangat khusus yang kita sampai sekarang belum tahu penyebab resminya.

Inilah daftar lima orang yang tercatat sebagai orang paling kurus di dunia sampai sekarang:


1.       TOM STANIFORD
Tuan Tom Staniford adalah seorang atlit balap sepeda professional yang mana kondisi tubuh kurusnya merupakan sebuah hasil dari kondisi langka yang membuat tubuh Tom tidak bisa menyimpan lemak sama sekali. Tom, yang berumur dua puluh empat tahun dan warga negara Inggris, adalah satu dari delapan orang di dunia yang terdeteksi menderita MDP Syndrome.

MDP Syndrome adalah sebuah kondisi khusus yang sangat sangat jarang, terbukti bahwa hanya ada delapan orang yang memiliki kondisi seperti Tom, yang merupakan sebuah misteri selama bertahun-tahun, sampai saat para dokter sampai pada penjelasan yang teliti tentang apa yang MUNGKIN menjadi penyebabnya. Tetap saja kondisi tersebut tidak bisa diobati, atau minimal dikurangi.

Pada usia 24 tahun, dengan tinggi badan 6 kaki 3 inchi atau sekitar 187 cm, Tom hanya memiliki berat badan 66 pons saja, atau kira-kira 30 kg. Sangat ringan bukan? Kondisi ini akan tetapi tidaklah menyurutkan semangat Tom untuk meraih mimpi-mimpi terindahnya.

Tom sukses menjalani hidup seperti orang normal pada umumnya, baik itu dalah hal kehidupan sebagai atlit maupun kehidupan pribadinya. Ia bahkan telah berhasil menikahi seorang wanita hebat yang bernama Alice, yang disebut Tom adalah pendukung terbesar di dalam hidupnya, sekaligus juga sebagai sumber terbesar bagi inspirasi hidupnya. Tom juga merasa sangat optimis akan berhasil meraih medali emas di paralympics, olimpiade khusus bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus, di Rio de Janeiro yang direncanakan akan diadakan pada tahun 2016.

2.       LOANA SPANGENBERG
Nona Loana Spangenberg adalah seorang model asal Rumania yang berusia 30 tahun, yang mana kondisi kurusnya merupakan suatu hal yang alami, bukan akibat gaya hidup anoreksia seperti yang ramai digosipkan. Dalam banyak kesempatan wawancara, Loana selalu dengan cepat membantah dan menyangkal rumor mengenai kondisi anoreksianya disebabkan oleh kelaparan. Dia bahkan menjelaskan lebih jauh betapa dia sudah dan sedang mencoba untuk menambah berat badannya dengan memakan makanan tiga kali sehari yang terdiri dari makanan berkalori tinggi seperti pizza, kebab, dan keripik.

Loana memiliki lingkar pinggang hanya 50 cm saja, atau 20 inchi, hanya lebih besar 5 inchi saja dari lingkar sebuah keping DVD. Orang-orang member dia julukan sebagai “Manusia Jam Pasir” karena ukuran badannya yang berukuran 30-23-30, sehingga bentuk badannya seperti sebuah jam pasir.

Tingginya adalah 5 kaki dan 6 inchi, atau sekitar 168 cm, tapi hanya memiliki berat 84 lbs, atau sekitar 40 kg saja. Keadaan badan seperti anoreksia Loana ini masih belum diketahui secara pasti penyebabnya, tapi beberapa ahli kesehatan banyak yang menghubungkannya dengan suatu kondisi metabolism yang cepat.

3.       CATHIE JUNG
Nona Cathie Jung, yang dilahirkan pada tahun 1937, adalah seorang penggila korset Amerika dan ia memegang rekor Guiness Book of World Record sebagai manusia yang memiliki lingkar pinggan terkecil yang pernah hidup. Dia memiliki tinggi badan 5 kaki 6 inchi, atau sekitar 168 cm, dan lingkar pinggangnya 15 inchi (sekitar 38 cm) saja. Dia menjulukinya sebagai “Ratu Korset” sesaat setelah dia dianugerahi penghargaan oleh Guiness Book of World Record.

Lingkar pinggang Cathie Jung yang sangat sangat kecil dihasilkan dari konsistensinya dalam pemakaian korset. Bahkan faktanya dia pertama kali memakai korset pada hari pernikahannya di tahun 1959 dan ia terus memakai korset sejak saat itu. Setiap hari selama dua puluh empat jam dia terus memakai korset!

Saat ini dia berumur 70 tahun dengan berat badan 43 kg, dan tebak saja, ia masih memakai korset, dan masih memegang rekor sebagai manusia yang memiliki lingkar pinggang terkecil.

4.       LIZZIE VELASQUEZ
Dilahirkan pada tanggal 13 Maret 1989, Nona Lizzie Velasquez saat ini merupakan salah satu dari manusia terkurus di dunia. Beratnya hanya 26 kg saja, dan dia WAJIB makan setiap lima belas menit untuk bisa tetap hidup. Jika dihitung jumlah asupan kalorinya, maka dalam satu hari dia membutuhkan kurang lebih 8000 kalori! Dan ajaibnya Lizzie tetaplah kurus. Tapi meskipun kondisi badannya seperti itu, Lizzie adalah seorang pembicara motivasi yang terkenal dan pengarang buku. Sampai hari ini, Lizzie sudah membawakan lebih dari 200 acara seminar motivasi semenjak dia berusia 17 tahun.

Penyebab badannya bisa seperti itu adalah karena suatu kondisi yang amat sangat jarang yang disebut Neonatal Progeroid Syndrome (NPS). Di dunia hanya ada tiga orang yang memiliki keadaan khusus seperti ini, termasuk Lizzie. Kondisi langka ini juga telah diketahui menyebabkan penuaan dini, disebut progeria. Lizzzie sekarang terlihat jauh lebih tua daripada orang-orang yang seumuran dengannya di usia dua puluh tahunan.

5.       Valeria Levitina
Valeria Levitina memegang rekor sebagai wanita terkurus di dunia. Wanita yang mengidap anoreksia yang berumur tiga puluh sembilan tahun ini tinggal di Monaco, dan memiliki barat badan hanya setengah dari berat badan orang pada umumnya. Tinggi Valeria 168 cm, dan dia adalah salah satu dari wanita yang menderita anoreksia yang ekstrim.



Valeria mulai mengalami kondisi seperti ini bertahun-tahun saat dia menjalani suatu diet yang sangat sangat ekstrim. Dan sejak saat itu, segala usahanya dalam mengembalikan berat badannya seperti semula menjadi sia-sia belaka.

Valeria, sebagai salah satu orang terkurus di dunia ini, telah menjadi sumber inspirasi bagi wanita-wanita muda yang sangat bersemangat untuk belajar dari kesalahan Valeria untuk bisa menjauhi kondisi yang ekstrim ini. Dia telah berkelana ke segala penjuru dunia untuk mengkampanyekan bahaya dari diet yang berlebihan. Dan Valeria sungguh berharap suatu hari kelak, ia bisa pulih dari kondisi yang menyebalkan ini. Sehingga ia pun bisa memenuhi impiannya untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik.

Inilah Kata-kata Yang Menakutkan Dari Orang Terkurus Di Dunia, Valeria Levitina


Ini adalah kisah yang sangat sedih dari Valeria Levitina, salah satu orang terkurus di dunia yang hanya berbobot empat batu setelah menjalani diet yang sangat ekstrim. Akan tetapi, alih-alih merasa bersedih terhadap dirinya sendiri, ia berkata bahwa perawakannya yang kurus haruslah menjadi suatu tanda bahaya bagi wanita-wanita di seluruh dunia yang begitu menginginkan bentuk badan seperti batang korek api.

Dengan tinggi sekitar 168 cm, seharusnya Valeria memiliki berat badan kira-kira 50 kg sampai 60 kg. tapi malahan sekarang beratnya hanya setengah berat tersebut saja.

Akan tetapi, yang paling membuat Valeria takut bukanlah kondisi dirinya sendiri, melainkan surat dari para fans nya di seluruh dunia. Ada ribuan gadis muda dari seluruh penjuru dunia yang mendambakan untuk dapat memiliki bentuk tubuh seperti dirinya sekarang!

“Semua surat yang saya terima, mayoritas pengirimnya adalah wanita yang berusia dua puluh tahunan, melihat saya justru sebagai sumber inspirasi.” Demikian ucapnya dalam wawancara dengan DailyMail.

Oleh karena itulah, Valeria pun memberanikan diri untuk mengambil langkah tegas dan berani untuk membicarakan tentang kondisi badannya dan pergi berkampanye ke seluruh penjuru dunia untuk menentang anoreksia, dan dia jelas-jelas menolak untuk mengajari para wanita untuk meninggal dunia!

Anoreksia telah membuatnya begitu kesepian, tidak menarik sama sekali, dan menjijikkan bagi orang-orang di sekitarnya. Oleh karenanya, dia ingin membagikan kisahnya agar tidak ada lagi orang yang jatuh kedalam kesalahan yang sama seperti yang dia alami.

Bagaimana Asal Muasal Orang Terkurus di Dunia Bisa Menjadi Seperti Ini?


Valeria percaya bahwa segalanya berasal dari hasil didikan ibunya. Ibunya selalu menakut-nakutinya bahwa ia akan tumbuh obesitas seperti para saudaranya. Bahkan sejak ia masih kecil, makanannya selalu dibatasi.

Tak lupa juga Valeria selalu rajin ditimbang untuk memastikan bahwa berat badannya tidak naik sama sekali. Persis seperti keinginan ibunya sendiri.

Pada usia 16 tahun, Valeria pindah ke kota Chicago bersama orang tuanya. Demi bisa diterima di sekolahnya, Valeria mulai menjalani suatu diet yang sangat ekstrim. Ia sama sekali tidak makan karbohidrat dan gula!

Ironisnya, setelah sekian lama tidak menerima karbohidrat dan gula sama sekali, tubuhnya berubah menjadi tidak mentoleransi kedua zat tersebut. Bahkan pada saat ia memakannya, tubuhnya tidak memproses gula dan karbohidrat sama sekali! Luar biasa sekali bukan.

Di sekolahnya, temannya sering mengejek dia dengan kata-kata gemuk atau gendut. Dan hal ini membuatnya semakin bersemangat dalam menjalani dietnya itu. Sebagai hasilnya, pada usia 23 tahun, ukuran bajunya sudah menjadi enam saja, dari sebelumnya dua belas. Pada usia 24 tahun, ia dilarang untuk ikut berpesta dansa karena dikhawatirkan ia bisa membuat dirinya sendiri cedera! Karena terlalu kurus.

Sepuluh tahun berikutnya, ia sibuk menemui lebih dari 30 ahli gizi dan kesehatan. Sekarang, bahkan jika Valeria ingin memakan suatu makanan tertentu, dia sudah tidak bisa lagi.

Ada begitu banyak jenis makanan yang harus dihindarinya, hanya karena tubuhnya sudah tidak bisa menerimanya lagi. Jika ia memaksa memakannya maka tubuhnya menderita sakit. Sudah begitu lama sejak terakhir Valeria makan roti sampai-sampai bahkan ia sendiri sudah lupa bagaimana rasa roti itu.
Penyakitnya juga membuat hidupnya sangatlah kesepian. Berhubungan dengan lawan jenis sangatlah sukar, hanya Valeria tidak bisa melakukan banyak hal seperti normalnya manusia lainnya, seperti pergi makan ke restoran.

Valeria berkata bahwa masalah pada dirinya disebabkan karena kurangnya harmoni antara badan dan jiwanya. Sekarang ini, Valeria rajin mengkonsumsi suplemen untuk bisa bertahan hidup, untuk melawan resiko memar, dan mencegahnya meninggal dunia mendadak.

Valeria percata solusi terbaik bagi dirinya adalah kembali ke Moskow, kota masa kecilnya, karena di sana ia merasa begitu nyaman terhadap dirinya sendiri. Dia di sana juga akan mencoba memenuhi impian sejak dahulu, yakni menjadi seorang ibu.

Sebagai penyemangatnya, memiliki bayi bisa memicu hasrat Valeria untuk hidup sehat lagi. Karena untuk membesarkan seorang anak menjadi anak yang sehat, maka ibunya sendiri pun haruslah sanggup hidup sehat bukan?

Valeria Levitin berkata, “Akan sangatlah menyenangkan memiliki sebuah keluarga karena saya merasa saya memiliki begitu banyak hal untuk saya berikan. Tetapi tentu saja, tidaklah benar jika saya memiliki anak padahal saya sedang sakit bukan? Tidaklah adil bagi sang anak tersebut.”
“Saya ingin berdiri melawan anoreksia! Saya tidak pernah menyerah terhadap apapun di dalam hidup saya, dan saya pun tidak ingin menyerah terhadap yang satu ini.”

Kenyataan Menyedihkan Tentang Orang Terkurus di Dunia


Jadi, berdasarkan wawancara dengan DailyMail, saya bisa menarik kesimpulan bahwa penyakit Valeria disebabkan karena tekanan berlebihan dari ibunya sendiri, yang begitu mengkhawatirkan anak gadisnya mengalami masalah kelebihan berat badan. Memang dalam garis keluarganya, ada banyak saudara perempuannya yang mengalami masalah berat badan tersebut.

Akibatnya, Valeria hanya memiliki berat badan 25 kg saja padahal tinggi badannya sekitar 170-an cm. berat tersebut kira-kira sama dengan berat anak umur 6 tahun! Ini adalah sebuah kisah yang sangat kejam tentang betapa Valeria sekarang menderita bahkan bukan oleh keinginannya sendiri. Akan tetapi oleh karena tekanan dan keinginan orang-orang di sekitar dirinya. Ini adalah bagian yang paling menyedihkannya. Akibatnya sekarang Valeria sangatlah kesepian dan sedih.

Bahkan yang jauh lebih membuat Valeria sedih lagi adalah, ada ribuan wanita lain di seluruh ujung dunia yang menyanjung-nyanjung dirinya karena mereka begitu menginginkan memiliki bentuk badan yang sedemikian kurusnya, sampai sudah hampir ke taraf membahayakan. Dan Valeria sudah menjadi sumur inspirasi bagi mereka-mereka yang mengidolakan dirinya.

Dan dalam rangka membuat masyarakat dunia sadar akan bahaya anoreksia ini, Valeria setuju badannya yang sudah hancur itu untuk difoto dan disebarkan ke seluruh penjuru dunia. Dengan catatan, semua fotonya harus disertai dengan kampanye bahwa sangat berbahaya membuat dirimu sendiri kelaparan HANYA demi tampil kurus. Inilah pengorbanan terbesar Valeria bagi dunia.

Kesimpulan


Ada banyak cara untuk membuat badan manusia menjadi lebih kurus. Ada yang sehat, tapi jauh lebih banyak lagi yang tidak sehat. Salah satu yang tidak sehat dan sangat berbahaya adalah anoreksia, seperti yang dialami oleh Valeria Levitina ini.

Lebih baik kamu yang begitu mendambakan bentuk badan langsing dan ideal ini menempuh jalan yang benar saja. Perbaiki saja dahulu menu makananmu. Dan rajin-rajinlah berolahraga. Niscaya perlahan tapi pasti lebih sehat, bentuk badanmu akan menjadi sesuai yang kamu inginkan selama ini. Percayalah! Dan lagi kamu tidak sedang membahayakan keselamatan jiwamu. Jangan dengarkan omongan orang lain, atau kamu akan berakibat sama seperti Valeria.


Tetaplah hidup sehat dan fit sepanjang waktu!

Inilah video tentang wanita terkurus di dunia yang ironisnya adalah sebuah tragedi!